Artikel Gemar Belajar (GEMBEL) KKN UNMUL 48

  • Aug 24, 2022
  • Admin Desa Semoi Dua

PENINGKATAN MINAT BELAJAR MELALUI KEGIATAN GEMAR BELAJAR (GEMBEL) OLEH MAHASISWA KKN PENAJAM 12

Desa Semoi Dua memiliki tiga Sekolah Dasar Negeri (SDN) meliputi SDN 008 Sepaku, SDN 006 Sepaku, dan SDN 025 Sepaku. Berdasarkan survei yang telah dilakukan di tiga Sekolah tersebut minat belajar siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan oleh kondisi sekolah yang kurang tenaga pengajar, metode pembelajaran dan akses jalan yang kurang memadai. Adapun alasan dari ketiga sekolah tersebut adalah untuk meningkatan minat belajar siswa karena kurang adanya pemahaman secara mendalam kembali apa yang telah disampaikan bapak atau ibu guru di sekolah. Sehingga mahasiswa KKN Universitas Mulawarman membuat pelaksanaan program kerja utama yaitu bimbingan belajar atau disebut dengan Gemar Belajar (GEMBEL).

GEMBEL merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan di luar jam sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan kepada siswa terkait pelajaran yang didapatkan di sekolah dengan memfokuskan pada beberapa mata pelajaran yaitu Matematika, Bahasa inggris, Pendidikan Agama Islam, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Metode pelaksanakan yaitu satu kali pertemuan setiap minggu untuk masing-masing sekolah dan dilaksanakan selama empat kali pertemuan mulai tanggal 19 Juli 2022 sampai 11 Agustus 2022. Adapun sasaran dari kegiatan ini yaitu siswa sekolah dasar mulai dari kelas 4, 5, dan 6.

Melakukan pre-test dan post-test merupakan suatu sistem pelaksanaan untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa. Sehingga dengan adanya pelaksanaan ini, mahasiswa dapat mendalami materi pelajaran yang kurang dimengerti. Durasi pelaksanaan kegiatan tersebut selama dua jam, setelah jam sekolah usai. Kegiatan di SDN 008 dilaksanakan setiap hari Senin, SDN 006 dilaksanakan setiap hari Rabu, dan SDN 025 dilaksanakan setiap hari Jum’at.

SDN 006 dan SDN 008 memiliki fasilitas yang cukup memadai namun untuk tenaga pengajar masih kurang, maka dari itu, mahasiswa KKN berharap adanya kegiatan ini dapat menjadikan suatu program kerja unggulan yang dapat menumbuhkan minat belajar bagi siswa. SDN 025 merupakan sekolah baru yang diresmikan pada tahun 2022. Sekolah ini belum memiliki fasilitas yang memadai dan tenaga pengajar sangat kurang. Akses jalan menuju sekolah sangat kurang baik. Sehingga tenaga pengajar dan siswa sulit untuk mengakses jalan.