SEMUA MENJADI MUDAH DENGAN ONLINE

  • Aug 29, 2022
  • Admin Desa Semoi Dua

Semoi Dua - Rabu, 3 Agustus 2022, telah terselenggara kegiatan sosialisasi online shop secara door to door. Kegiatan ini menargetkan empat pelaku UMKM di Desa Semoi Dua yang belum memiliki eksistensi bisnis di dunia digital.

Sosialisasi dilaksanakan oleh Egi Fahruzi, Mahasiswa Universitas Mulawarman Jurusan Ilmu Ekonomi. Dalam Sosialisasi, Egi memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM tentang pengertian online shop, data perkiraan transaksi online shop, kemitraan dengan Bukalapak, persebaran penggunaan mitra Bukalapak, produk yang dijual dankeuntungan bergabung ke dalam mitra Bukalapak.

Dewasa ini, kecepatan perkembangan teknologi berlangsung dengan intens. Revolusi industri dan inovasi dalam berbagai teknologi tidak dapat diacuhkan lagi oleh semua kalangan, khususnya para pelaku bisnis.

Teknologi sudah masuk ke dalam berbagai lini bisnis mulai dari jenis usaha dengan cakupan mikro, kecil, menengah, dan makro. Sejalan dengan perkembangan teknologi, siapapun yang dapat memanfaatkan sarana dan prasarana baru dalam inovasi terknologi yang berkembang dengan pesat ini akan memperoleh pertumbuhan yang signifikan dalam usaha yang digeluti.

Desa Semoi Dua yang merupakan kawasan ring dua sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara. Dalam jangka pendek maupun panjang sudah tentu akan mengalami perkembangan dan kemajuan teknologi secara cepat dan pesat.

Maka dari itu, Sosialisasi manajemen pemasaran digital dirasa perlu untuk mempersiapkan masyarakat Desa Semoi Dua dalam menghadapi perubahan paradigma pasar yang baru sebagai akibat berpindahnya Ibu Kota Negara ke kawasan Sepaku, Penajam Paser Utara.

Pemberian pemahaman teoritis mengenai online shopdirasa tidak cukup apabila dijadikan indikator keberhasilan dalam kegiatan sosialisasi, perlu adanya jaminan kuat bahwa pelaku UMKM mempunyai pemahaman praktis terhadap penggunaan online shop untuk memperluas usahanya.

Dengan adanya praktik atau penggunaan langsung aplikasi online shop, peserta dapat memaksimalkan pemahaman dari pengetahuan hingga pengimplementasian aplikasi online shop untuk menjadi bagian dari pelaku usaha dalam dunia digital yang bermitra dengan Bukalapak.

Mitra Bukalapak merupakan platform turunan dari Bukalapak yang menawarkan kerjasama kepada pelaku UMKM baik yang memiliki keterampilan dalam usaha maupun yang belum.

Sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia, Bukalapak hadir dengan perhatian untuk membantu masyarakat lokal agar memiliki peluang untuk memperluas serta mengembangkan usaha dari skala mikro, kecil, maupun menengah dengan cara menjadi mitra Bukalapak.

Mitra Bukalapak merupakan sebuah aplikasi yang memberikan kesempatan untuk mengembangkan bisnis kepada semua kalangan masyarakat yang memiliki minat untuk berwirausaha, masyarakat tersebut  di antaranya adalah pemilik usaha, pemilik warung kelontong / toko grosir, maupun individu yang tidak memiliki warung/usaha, namun ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan berjualan produk grosir dan produk virtual.

 Bukalapak dengan program kemitraan tersebut berkontribusi dalam pengembangan UMKM Indonesia untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi perubahan industri dan pasar yang makin cepat.

Pelaku UMKM yang telah menjalin kemitraan dengan Bukalapak bisa bebas berjualan barang/komoditas maupun jenis usaha apapun sesuai dengan yang direncanakan. Mulai dari usaha toko kelontong, agen tiket, bisnis ekspedisi, PPOB online, pedagang emas, dan masih banyak lagi.

 Bukalapak memberikan fasilitas pengembangan dan akses – akses khusus untuk memperluas usaha yang tidak dimiliki pengusaha lainnya yang tidak bermitra dengan Bukalapak.

Dengan banyaknya pelaku UMKM yang memiliki wawasan yang tinggi dalam kegiatan berwirausaha melalui pemanfaatan teknologi, sedikit banyaknya akan berkontribusi kesejahteraan ekonomi pelaku usaha tersebut kemudian kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Semoi Dua secara luas. ()