Tim Program P2KPM PPU gelar pelatihan jurnalistik

  • Jun 21, 2021
  • Admi Desa Semoi Dua

Tim Program P2KPM PPU gelar pelatihan jurnalistik

Tim Teknis Program Pembangunan, Pemberdayaan Kelurahaan dan Perdesaan Mandiri (Pro-P2KPM) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar pelatihan jurnalistik di Desa Semoi Dua.

"Saya harap para peserta pelatihan ini bisa mengikuti secara serius dalam menyerap pengetahuan yang disampaikan narasumber," ujar Sekretaris Desa Semoi Dua, Hartini di Semoi Dua, Kamis.

Hal ini disampaikan Hartini saat membuka pelatihan jurnalistik dengan tema "Menulis di Laman Desa Bergaya Jurnalistik".

Terdapat empat materi yang disampaikan oleh tiga narasumber dari tim Pro-P2KPM PPU, yakni teknik menulis berita untuk laman desa, teknik pengambilan foto, teknik pengambilan video, editing video, dan cerita foto.

Menurut Hartini, Desa Semoi Dua sejak tahun lalu telah memiliki laman desa, tapi sampai sekarang belum aktif karena minimnya kemampuan operator dalam mengoperasikan laman.

Untuk itu, melalui pelatihan ini diharapkan peserta pelatihan dan operator desa, dapat mengoperasikan laman dengan berbagai isi yang variatif, karena dari hasil pelatihan ini dapat diimplementasikan ke laman desa.

Hartini melanjutkan, Desa Semoi Dua memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, namun karena minimnya SDM dan terbatasnya biaya, maka pengembangannya menjadi lambat.

Diharapkan melalui media informasi baik laman desa maupun media sosial, yang terus digaungkan mengenai potensi yang ada, maka bisa muncul semangat warga untuk mengembangkan potensi yang ada, termasuk kemungkinannya adanya investor yang masuk.

"Semoga pelatihan selama lima hari yang dimulai hari ini, bisa bermanfaat bagi kemajuan desa, seiring kemampuan operator dan kelompok informasi masyarakat mempromosikan potensi dan kegiatan desa," ucap Hartini penuh harap.